Senin, 16 Oktober 2017

Contoh Laporan Kegiatan Membaca / Literasi

    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah contoh Laporan Literasi.Belum tau apa itu literasi?coba deh baca dulu disini.Untuk laporannya langsung saja simak ulasan di bawah ini.

SMK SMTI YOGYAKARTA

Nama      : Muhamad Adhitya Saputra
Kelas      : X TM-B
NO          :17
Jurusan   : Mekatronika 

LAPORAN HARIAN KEGIATAN MEMBACA

Judul Buku/Novel      : Ayah
Pengarang                  : Andrea Hirata
Penerbit                     : PT. Bentang Pustaka
Tahun terbit              : Mei 2015
Cetakan                      : Pertama
Jenis buku                  : Fiksi
Jumlah halaman        : 432





No
Hari /Tanggal
Bab / Halaman
Informasi penting
1
Senin 9 oktober
Halaman 1 - 96
Sejak kecil Sabari jatuh hati pada Marlena, gadis cantik pujaanya. Inilah awal mula semua kisah hebat ini.

Sabari, yang jago puisi adalah Isaac Newtonnya pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam segala situasi, kemampuan berbahasa Sabari tidak boleh dipertanyakan.

Ketika ujian, Marlena mengambil kertas jawaban Sabari begitu saja dan menyalin semua jawabannya. Di sanalah mereka pertama kali bertemu. Sabari langsung terpana.

2
Rabu 11 Oktober
Halaman 96- 154
Masalahnya, Marlena sedikitpun tidak tertarik pada Sabari. Jangankan tertarik, justru dia jijik.

Hebatnya, Sabari tidak pernah menyerah. Dengan kemampuannya berpuisi dia selalu menciptakan kalimat-kalimat indah untuk pujaan hatinya itu.

Kisah cinta masa SMP itu ternyata tidak berakhir sampai di sana. Hingga tamat sekolah pun, Sabari tetap mengejar-ngejar Marlena.

3
Jumat 13 Oktober
Halaman 154283
Segala cara dilakukan Sabari untuk merebut hati Marlena, termasuk dengan cara bekerja di tempat Markoni sang juragan batu bata. Markoni adalah ayah Marlena.

Sabari bekerja dengan baik dan langsung menjadi pegawai teladan. Markoni menghadiahinya medali. Sabari dengan banggu mengalungkan medali itu ketika bekerja sembari berharap Marlena terpukau. Jangankan terpukau, selirik pun Marlena tidak peduli.

4
Sabtu 14 Oktober
Halaman283 - 400
Kejadian aneh memang selalu terjadi. Marlena hamil. Entah siapa lelaki itu, tidak ada yang tahu.

Demi menutup aib keluarga, Marlena terpaksa menikah dengan Sabari. Sosok Sabari yang demikian hebat mau saja menerima Marlena dan anak yang dikandungnya itu apa adanya.

Lahirlah anak beruntung itu. Namanya Zorro. Sekalipun bukan anak kandungnya, Sabari justru merawat Zorro dengan baik. Zorro adalah anak kesayangannya.

Tapi Marlena tetaplah Marlena. Sediktipun dia tidak peduli dengan Sabari. Bahkan, dia meninggalkan Sabari dan Zorro begitu saja, lalu menikah lagi dengan lelaki lain.

Yang membuat Sabari nyaris gila adalah suatu hari, Zorro direbut kembali oleh Marlena. Entah apa tujuan Marlena merebut Zorro. Yang pasti, Marlena ingin menikan dengan lelaki lain (untuk kesekian kalinya) dan Zorro akan berada di pelukan ibunda.

5
Minggu 15 Oktober
Halaman 400 - 432
Zorro besar bersama ibunya. Sosok Sabari masih samar-samar di ingatanya karena dia masih terlalu kecil ketika berada di pangkuann Sabari.

Sabari benar-benar gila. Pertama dia kehilangan Marlena. Tidak apa-apa, masih ada Zorro yang menjadi penghibur hatinya. Kemudian dia kehilangan Zorro anaknya itu. Setelah itu semua yang dimilikinya pergi meninggalkannya, termasuk kucingnya.

Komentar terhadap buku
Intinya, novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih seorang ayah kepada anaknya, bahkan bukan anak kandungnya sekalipun. Bisa kita lihat sosok Sabari bahkan hilang warasnya karena berpisah dengan Zorro.


                                                                                                            Yogyakarta, 2017
                                                Mengetahui

Orang tua wali                                                                                               Guru Bahasa


    Sekian yang dapat saya sampaikan , ada kurang dan lebihnya mohon maaf. Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat membantu menyelesaikan tugas anda. Jangan lupa untuk like dan subscribe untuk mendapatkan update terbaru mengenai pelajaran. Terimakasih. Wassalamualiakum Warahmatullah Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau ada yang kurang ,silahkan cantumkan di kolom komentar. Kritik dan saran dari kalain akan membuat saya lebih baik dikemudian hari, terimakasih.

Sudah lama tidak post blog, apa yang terjadi?

Assalamualaikum teman-teman. Wah udah lama banget aku ngga update blog ini. Udah hampir setahun lohh. Maaf banget yaa soalnya emang kemarin...